Beranda Seputar Perjalanan Haji 21 Agustus, JHI Bulukumba Tiba di Tanah Air

21 Agustus, JHI Bulukumba Tiba di Tanah Air

Minggu, 18 Agustus 2019, 20:28 WITA

Laporan:
Muhammad Yusuf Shandy

MAKKAH, RADAR SELATAN — Berdasarkan jadwal dari Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH), jemaah haji Indonesia asal Kabupaten Bulukumba, kloter 6 UPG Makassar akan segera kembali ke Makassar.

Demikian diungkapkan TPHI H M Ashdaq usai mengikuti rapat teknis kepulangan JHI di Sektor 2 Makkah yang dipimpin Kasektor 2 H Kaswad Sartono.
Jemaah haji akan bertolak menuju Bandara Internasional King Abdul Aziz Jeddah pada Rabu, 21 Agustus subuh.
“Insya Allah kita take off menuju Indonesia Rabu siang, dan diperkirakan akan tiba di Makassar Kamis subuh,” ucapnya.

Terkait dengan barang bawaan jemaah, H. Aswad mengungkapkan bahwa jumlah barang yang diperbolehkan oleh Garuda Indonesia maksimal 32 kilogram dan 7 kilogram tas jinjing. Selain jumlah barang, Garuda Indonesia juga tidak memperbolehkan jemaah membawa air zamzam dalam koper masing-masing, walau hanya menggunakan botol kecil.
“Hal penting diperhatikan oleh setiap jemaah, agar barang bawaannya tidak tertinggal di Jeddah,” jelasnya.

Menurutnya, beberapa hari lalu, terdapat 150 koper jemaah haji yang dikembalikan dari Bandara Jeddah menuju penginapan jemaah karena diketahui di dalamnya terdapat air zamzam.
Hal senada juga disampaikan TPIHI H. Ali Yafid, mengimbau agar jemaah mengikuti segala peraturan. “Belajar dari kejadian itu, setiap jemaah diminta bila di dalam kopernya ada air zamzam agar segera dikeluarkan sebelum diangkut ke Bandara. Jika sampai di Bandara ditemukan air zamzam, maka kopernya tidak diangkut,” tambahnya. (ria/has)