Beranda Seputar Perjalanan Haji Menunggu Armuzna, Jemaah Haji Perbanyak Ibadah dan Ziarah

Menunggu Armuzna, Jemaah Haji Perbanyak Ibadah dan Ziarah

Kamis, 1 Agustus 2019, 17:59 WITA
SALAT DUHUR. Para JCHI menuju bus masing-masing usai melaksanakan salat duhur di Masjidil Haram, Makkah.

Laporan: Muhammad Yunus

MAKKAH, RADAR SELATAN — Sembari menunggu puncak pelaksanaan ibadah haji di Arafah, Muzdalifah dan Mina, para Jemaah Calon Haji Indonesia (JCHI) asal Kabupaten Bulukumba dan daerah-daerah lainnya terus memperbanyak ibadah, seperti umrah sunnah, baca alquran, doa, dzikir, sedekah dan lainnya.

Ramli (45 tahun) JCHI asal Kecamatan Kindang, dia selalu berupaya menjaga salat berjamaah di Masjidil Haram, terutama salat subuh.

“Sebelum jam dua malam, saya sudah siap menuju Masjidil Haram,” katanya, Kamis, 1 Agustus 2019.
Hal yang sama juga dilakukan Lampe bin Ciho (63 tahun), jamaah asal Kecamatan Gantarang yang selalu menjaga ibadahnya.
“Saya selalu berusaha untuk berangkat lebih awal ke Masjidil Haram, yang penting ada saya temani,” ucapnya.

Selain memperbanyak salat jemaah di Masjidil Haram yang pahalanya lebih tinggi 100.000 kali lipat dibanding salat di masjid lainnya, ada juga jemaah yang menyempatkan masa menunggu ini dengan memperbanyak umrah sunnah, memperbanyak tilawah dan ziarah, seperti ziarah ke Jabal Rahmah dan Jabal Nur.

“Alhamdulillah, tadi pagi, usai salat subuh, saya dan beberapa orang kawan langsung menuju Jabal Nur. Alhamdulillah, kami sudah di Gua Hira saat matahari mulai terbit,” ucap Latif, salah satu jemaah asal Kindang.

Seiring dengan semakin dekatnya Armuzna, TPHI dan TPIHI meminta kepada jamaah untuk tidak banyak melakukan aktifitas di luar hotel.
“Tanggal tujuh Dzulhijjah, semua aktifitas di luar hotel distop,” ucap M. Ashdaq, Ketua Kloter 6 Embarkasi Makassar.

PPIH Saudi Arabia meminta kepada seluruh CJHI untuk fokus menyiapkan mental dan menjaga kesehatan jemaah masing-masing sebelum puncak pelaksanaan ibadah haji di Armuzna, yang akan diawali pada sembilan Agustus mendatang. (ria/has)