Beranda Seputar Perjalanan Haji Saudi Keluarkan Jadwal Lempar Jumrah untuk Indonesia

Saudi Keluarkan Jadwal Lempar Jumrah untuk Indonesia

Senin, 5 Agustus 2019, 19:13 WITA
PERSIAPAN LEMPAR JUMRAH. Para JCHI saat menghadiri pertemuan terkait pembahasan persiapan lempar jumrah.

Laporan: Muhammad Yusuf Shandy

MAKKAH, RADAR SELATAN — Beberapa hari jelang puncak pelaksanaan ibadah haji di Arafah, Muzdalifah dan Mina (Armuzna), Pemerintah Saudi Arabia mengeluarkan jadwal lempar jumrah bagi jamaah haji, termasuk jemaah dari Indonesia.

“Tadi malam kita sudah menerima surat dari Kementerian Haji Arab Saudi melalui Muassasah terkait dengan jadwal lempar jumrah selama tanggal 10, 11 ,12, 13 Dzulhijah,” ujar Kepala PPIH Arab Saudi Daker Makkah, Subhan Cholid, Minggu, 4 Agustus 2019.

Menurut Subhan, setelah jemaah wukuf di Arafah pada tanggal 9 Dzulhijjah, mereka akan bertolak menuju Muzdalifah untuk mabit (menginap), lalu pada malam itu juga, tepatnya pada tanggal 10 Dzulhijjah, jemaah lanjut ke Mina untuk melakukan lontar jumrah Aqabah.

“Pada tanggal 10 itu, Pemerintah Arab Saudi menetapkan bahwa untuk jemaah Asia Tenggara termasuk Indonesia dilarang melaksanakan jumrah sampai dengan pukul 10.00 pagi, dari jam 04.00 sampai jam 10.00 pagi,” terangnya.

Lebih jauh ia menjelaskan bahwa pada jam tersebut sangat padat. Di mana, jemaah haji keluar dari tenda Jamarat (tempat melempar jumrah) dan memenuhi jalan. “Jalan itu sesungguhnya khusus laju kendaraan untuk mengantarkan jemaah dari Muzdalifah ke Mina,” jelasnya. (ria/has)