Beranda PILKADES 2020 Salah Masa Periode, Berkas Bacalon Dikembalikan

Salah Masa Periode, Berkas Bacalon Dikembalikan

Rabu, 29 Januari 2020, 15:25 WITA

GANTARANG, RADAR SELATAN — Panitia Pemilihan Kepala Desa (PPKD) Bukit Harapan, Kecamatan Gantarang, mengembalikan berkas pendaftaran sejumlah bakal calon kepala desa. Salah satu penyebabnya karena kesalahan menulis periode atau tahun masa jabatan.

Ketua PPKD Bukit Harapan, Akbar mengungkapkan, berkas bacalon dikembalikan lantaran masih banyak yang perlu diperbaiki, baik kelengkapan maupun penulisannya.

“Masih banyak tidak lengkap dan salah penulisan, jadi kita kembalikan berkasnya ke masing-masing bakal calon,” terangnya saat ditemui di sekretariatnya Balai Desa Bukit Harapan, Rabu, 29 Januari 2020.

Menurut Akbar, dari 11 bacalon yang mendaftar, sembilan dinyatakan lengkap dan dua di antaranya dikembalikan karena sudah lengkap dan sesuai format. Kesalahan yang umum ditemukan pada berkas pendaftar yaitu kesalahan penulisan masa periode di surat permohonan maupun surat pernyataan.

“Rata-rata yang salah penulisan masa periode di surat permohonan dan pernyataannya. Yang ditulis periode 2020-2025, seharusnya yang benar adalah periode 2020-2026,” bebernya.

“Kan kalau sekarang kepala desa itu memimpin selama enam tahun masa periode,” lanjut Akbar.

Batas akhir perbaikan berkas, lanjut Akbar diberikan waktu hingga tanggal 30 Januari. Setelah itu, seluruh berkas selanjutnya akan diserahkan ke Panitia Pemilihan Kabupaten (PPK) di Kantor DPMD Bulukumba. (ewa/man