Beranda PILKADES 2020 Diduga Tak Dukung Salah Satu Cakades, Empat Rumah Warga Paenre Lompoe Dibongkar

Diduga Tak Dukung Salah Satu Cakades, Empat Rumah Warga Paenre Lompoe Dibongkar

Senin, 24 Februari 2020, 10:18 WITA

BULUKUMBA, RADAR SELATAN — Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak yang bakal dihelat 5 Maret 2020 mendatang mulai diwarnai peristiwa miris.

Informasi yang dihimpun RADAR SELATAN sebanyak empat kepala keluarga di Desa Panere Lompoe, Kecamatan Gantarang harus rela membongkar rumah yang mereka tempati selama bertahun-tahun diduga gara-gara tidak mendukung salah satu calon kepala desa.

Diketahui, tanah yang mereka tempati untuk membangun rumah bukan milik keempat warga, para warga dikabarkan hanya menumpang di atas tanah milik warga yang juga salah satu calon kades setempat.

Dari sumber terpercaya yang enggan disebutkan namanya mengakui keempat warga tersebut bernama Sanu, Suma, Ammeng, dan Ummareng yang tinggal di Dusun Bua’ , Desa Paenre Lompoe.

“Kejadian memilukan hanya karena gegara beda pilihan cakades yang akan dilakukan dua pekan lagi warga Desa Paenrelompoe terpaksa memindah paksakan rumah tinggalnya yang selama ini sudah bertahun-tahun di tempatinya,” terang sumber.

Hal inipun ia nilai tindakan yang tidak terpuji lantaran dapat memperkeruh pesta demokrasi di desanya.

“Tindakan ini tidak memiliki jiwa kepemimpinan untuk memimpin Desa Paenrelompoe,” tambahnya.

Sementara itu, Kapolsek Gantarang Kompol Abd Jalil Sirajuddin yang dikonfirmasi RADAR SELATAN membenarkan adanya pembongkaran rumah. Hanya saja, pembongkaran itu dilakukan oleh pemiliknya sendiri dibantu warga lainnya.

“Iya benar dinda, info dari warga sekitar TKP ada empat rumah yang mau dibongkar, saya dan sejumlah personil turun memantau dan mengawal untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan,” terang Kompol Abd Jalil yang berada di Lokasi, Senin 24 Februari 2020.

Hanya saja, Abd Jalil tak menerangkan lebih jauh motif pembongkaran rumah yang dilakukan warga.

“Kalau motifnya kami tidak tahu, sementara kita kumpulkan informasi, saat ini kita hanya melakukan pengawalan dan memastikan wilayah hukum Polsek Gantarang bisa aman dan terkendali,” tutupnya.

Sekedar diketahui untuk Pilkades Paenre Lompoe, hanya diikuti dua Calon Kepala Desa yakni Incumbent, H Ambo Tang dan Daud Muhammad. (faj/has