Beranda Bulukumba OYMKK Dapat Dukungan Bantuan dari Sasakawa Health Fondation dan Dare This Indonesia

OYMKK Dapat Dukungan Bantuan dari Sasakawa Health Fondation dan Dare This Indonesia

•  Penulis : | Jumat, 21 Agustus 2020, 12:06 WITA

BULUKUMBA, RADAR SELATAN — Sebanyak 165 Orang Yang Pernah Mengalami Kusta (OYPMK) di Kabupaten Bulukumba mendapatkan bantuan dari Sasakawa Health Foundation bekerjasama Dare This Indonesia. Bantuan tersebut diakses melalui organisasi PerMaTa (Pernah Mengalami Kusta) Bulukumba.

Ketua PerMaTa Bulukumba, Ardi menjelaskan, bantuan hingga pekan ke dua sudah 167 orang, Baru menyasar Kecamatan Ujung Bulu, Gantarang, Ujung Loe, Bintaro Bahari, Bontotiro, Kajang, Rilau Ale, dan Bulukumpa. Sementara Herlang dan Kindang akan menjadi target terakhir.

“Kegiatannya dalam rangka pandemi Covid 19 sehingga kami melakukan audiens terlebih dulu ke Posko Gugus Tugas dan Dinas Kesehatan sehingga akses data melalui kesehatan dapat berjalan dengan lancar,” katanya.

Data yang diambil, lanjut Ardi, diolah pihaknya dengan melakukan verifikasi lapangan yakni mengunjungi rumah OYPMK untuk edukasi Protokol Kesehatan dan Bahaya Covid 19. Bantuan yang disalurkan berupa sabun, masker dan paket sembako yang berlangsung hingga tiga tahap.

“Beberapa OYPMK yang tidak dapat bantuan dari pemerintah kita juga data. Kunjungan selain penyaluran bantuan juga untuk pendataan sebagai bahan di database kami,” ujarnya.

Kegiatan itu berlangsung lancar meski diakui Ardi awalnya terkendala oleh jarak tempuh yang jauh dan medan yang berat. Selain itu beberapa lampiran alamat tidak jelas atau karena sasaran sudah merantau. Beberapa orang juga masih self stigma sehingga sulit untuk menerima kunjungan.

“Kita juga melakukan analisis Sosial Terkait Stigma masyarakat maupun keluarga sendiri,” tambahnya.(jar)