Beranda Bulukumba Bapenda: 30 November, PBB-P2 Jatuh Tempo

Bapenda: 30 November, PBB-P2 Jatuh Tempo

•  Penulis : | Kamis, 15 Oktober 2020, 9:06 WITA

BULUKUMBA, RADAR SELATAN — Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Bulukumba mengumumkan penetapan jatuh tempo pembayaran Pajak Bumi dan Bangunanan Pedesaan Perkotaan (PBB-P2) pada 30 November. Himbauan dikeluarkan sejak 21 September.

Kepala Bapenda, Andi Mappiwali menjelaskan, pemberitahuan yang dikeluarkan dengan nomor 357/IX/2020/Bapenda sehubugan dengan adanya pandemik corona virus disease (Covid19). Seluruh wajib pajak PBB-P2 diharapkan untuk membayar tepat waktu.

Advertisement

“Kalau terlambat berarti kena denda 2 persen untuk perbulannya,” ujarnya.

Dalam optimalisasi pemasukan dari PBB-P2, Bapenda melakukan pemantauan dan penagihan langsung pada objek pajak. Tim yang bergerak ke lapangan jalan sejak juni lalu.

Kabid Penagihan Bapenda, H. Rusli mengatakan, seluruh kecamatan telah disasar, termasuk desa-desa dan kelurahan. Namun pada kondisi saat ini pendapatan masyarakat ikut tergerus. Tak semua yang ditagih melakukan pembayaran langsung, dan beberapa pembayarannya menyusul.

“Untuk penerimaan langsung kita kasih bukti bukti pelunasan langsung,” ujarnya.

Optimalisasi pajak melalui penagihan langsung juga untuk mengantisipasi adanya pajak mengendap. Setoran pajak yang bermasalah tak melulu pada kepala desa, namun bisa oleh kolektor ataupun bendahara. (jar)