Beranda Bantaeng Dispar Bantaeng Genjot Wisata Sejarah dan Budaya

Dispar Bantaeng Genjot Wisata Sejarah dan Budaya

Sejumlah pemuda dan pemangku adat ikuti pelatihan pemandu wisata sejarah dan wisata budaya.

•  Penulis : | Jumat, 16 Oktober 2020, 20:45 WITA

BANTAENG, RADAR SELATAN — Dinas Pariwisata Kabupaten Bantaeng menggelar pelatihan pemandu wisata sejarah dan warisan budaya di BM Hotel Bantaeng, Jumat, 16 Oktober 2020.

Kepala Dinas Pariwisata Bantaeng, H Subhan menyebut pelatihan itu perlu. Sebab lewat kegiatan itu, bakal memupuk regenerasi yang bisa menjadi pemandu wisata sejarah dan budaya di daerah berjuluk Bumi Butta Toa itu.

Advertisement

Subhan mengatakan, potensi wisata sejarah di Bantaeng cukup banyak. Menurut dia, sangat disayangkan jika Bantaeng hanya terkenal dengan destinasi wisata alam saja.

“Target kedepan kita ingin di Bantaeng, wisata budaya juga bisa diperkenalkan. Bantaeng sudah dikenal destinasi wisata alamnya, seperti Pinus Rombeng yang baru-baru ini makin tenar, kemudian ada air terjun Bissappu, permandian Eremerasa, Pantai Seruni dan Marina, serta wisata alam lainnya,” kata dia.

“Sementara wisata sejarah dan wisata budaya di Bantaeng juga cukup potensial. Ada Balla Tujua Gantarangkeke, ada Gua Batu Ejayya, Makam La Tenri Ruwa dan wisata sejarah lainnya. Ini yang perlu diperkenalkan,” lanjutnya.

Selain itu, dia berharap lewat kegiatan ini para generasi muda melek sejarah dan budaya yang di Bantaeng.

“Ini perlu regenarasi terkait budaya Bantaeng. Pada dasarnya kita mau memperkenalkan warisan budaya Bantaeng. Kita harus beri pemahaman dan wawasan luas terkait sejarah dan budaya yang ada. Ini kita latih, agar pemandu bisa jelaskan kepada wisatawan secara detail tentang sejarah dan budaya,” ujarnya.