Beranda Bulukumba Menuju Bau-bau, Kapal Nelayan dari Kajang Kehilangan Kontak

Menuju Bau-bau, Kapal Nelayan dari Kajang Kehilangan Kontak

Jumat, 20 November 2020, 17:19 WITA

Rezky, salah satu awak kapal.

BULUKUMBA, RADAR SELATAN — Sebuah kapal nelayan dikabarkan hilang kontak sejak Minggu 15 November 2020, di perairan Kabupaten Bulukumba dan Sinjai.

Advertisement

Kapal nelayan tersebut diketahui bernama KM Ayska bermuatan tujuh orang Anak Buah Kapal (ABK). KM Ayska mengalami mati mesin dan hilang kontak. Salah satu awak kapal adalah Rezki, Nahkoda kapal.
“Kami baru saja menerima laporannya,” kata Kepala Seksi (Kasi) Pencegahan dan Kesiapsiagaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bulukumba, Abdul Haris Pana. Kamis 18 November 2020.

Kapal tersebut menuju Kabupaten Bau-bau start dari pelabuhan Kassi, di Kecamatan Kajang Bulukumba untuk mengambil muatan. Sementara ini pihak BPBD masih melakukan koordinasi dengan pihak SAR Kabupaten Bantaeng, SAR Kabupaten Bone, SAR Kabupaten Kepulauan Selayar serta Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sinjai.
“Kami masih berkoordinasi untuk memastikan titik koordinatnya. Karena kami ingin memastikan sebelum melakukan pencarian serta evakuasi terhadap kapal tersebut,” ujarnya.

Dikonfirmasi terpisah, Elma, adik dari nahkoda Kapal Rezky, menjelaskan kapal berangkat ke bau-Bau dari Kajang pada hari Minggu. Tapi di tengah perjalanan kehilangan kontak dan hingga kini belum diketahui nasib para penumpang kapal.
“Iye ke bau-bau mengangkut tali, tujuh orang semua. Nomor hape kakak saya juga tidak aktif,”jelasnya, kepada Radar Selatan.

Terakhir, pihaknya mendapatkan informasi bahwa kapal dan ABK ditemukan di Kepulauan Kabaena, Sulawesi Tanggara, hanya saja setelah di cek kebenarannya kapal dan ABK tak ditemukan di lokasi yang dimaksud.

“Informasi masih simpang siur, kami mohon bantuan seluruh pihak dan khususnya Bazarnas untuk melakukan pencarian,” harapnya. (Faj).