Beranda Hot News Komjen Listyo Sigit Prabowo Calon Tunggal Kapolri, Supriansa: Itu yang Terbaik

Komjen Listyo Sigit Prabowo Calon Tunggal Kapolri, Supriansa: Itu yang Terbaik

Rabu, 13 Januari 2021, 16:56 WITA

Kabareskrim Polri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo

JAKARTA, RADAR SELATAN – Teka-teki siapa calon Kapolri yang akan ditunjuk Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggantikan Jenderal Idham Azis akhirnya terjawab sudah. Pada hari ini, Rabu (13/1), Presiden Jokowi secara resmi mengirimkan Surat Presiden (Surpres) ke DPR yang berisi nama Kepala Bareskrim Komjen Listyo Sigit Prabowo sebagai calon Kapolri. Surpres itu diantar oleh Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno kepada Ketua DPR Puan Maharani.

Komjen Sigit merupakan calon tunggal Kapolri pilihan Presiden Jokowi yang akan menggantikan Idham Azis yang pensiun Februari 2021 nanti.

“Seperti yang saya sampaikan surpres telah kami terima dari Bapak Presiden, yang mana Bapak Presiden menyampaikan usulan pejabat Polri ke depan dengan nama tunggal yaitu, Bapak Drs Listyo Sigit Prabowo,” kata Puan di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (13/1).
Listyo akan menjalani uji kepatutan dan kelayakan sebagai calon Kapolri di Komisi III DPR.Puan menjelaskan, hasil fit and proper test tersebut nantinya akan dibawa ke Rapat Paripurna DPR untuk mendapat persetujuan dewan. “Proses akan ditempuh selama 20 hari sejak surat presiden diterima yaitu hari ini Rabu 13 Januari 2021,” ujar cucu Proklamator RI Bung Karno, itu.

Puan memastikan DPR akan menjalankan proses tersebut sesuai ketentuan perundang-undangan dan mekanisme yang berlaku.

“Kita (publik) dapat segera mengetahui apakah Kapolri yang ditunjuk Presiden mendapatkan persetujuan dari DPR,” ungkap politikus PDI Perjuangan itu.
Sementara Supriansa, Anggota Komisi III DPR RI mengungkapkan, Presiden pasti punya alasan yang kuat menunjuk Komjen Listyo. “Saya kira usulan Pak Presiden adalah yang terbaik untuk bangsa dan negara ini,” ujar Supriansa.
Setelah Surpres ada, tahapan berikutnya adalah DPR RI akan mengagendakan fit and proper test calon Kapolri di Komisi III, pekan depan. ***
***