Beranda Pilkada KPU Tetapkan AdnanKio sebagai Bupati Gowa Terpilih Pilkada 2020

KPU Tetapkan AdnanKio sebagai Bupati Gowa Terpilih Pilkada 2020

•  Penulis : | Jumat, 22 Januari 2021, 19:42 WITA

MAKASSAR, RADAR SELATAN — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gowa menetapkan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan-H Abd Rauf Malaganni (AdnanKio) sebagai Bupati Gowa terpilih di Pilkada Gowa 2020.

KPU Gowa menetapkan kembali pasangan Bupati petahana itu melalui rapat pleno terbuka yang digelar di Hotel Gammara, Jalan Metro Tanjung Bunga Makassar, Jum’at 22 Januari 2021.

Ketua KPU Gowa Muhtar Muis dalam sambutannya mengatakan, tahapan penetapan paslon merupakan salah satu tahapan yang sangat penting dalam pilkada.

Sebab menurutnya, penetapan ini akan menjadi dasar pengesahan paslon terpilih dan sudah ditetapkan berdasarkan hasil rekapitulasi dan SK.

“Alhamdulillah hari ini kita sudah menetapkan pasangan calon terpilih. Selanjutnya KPU Gowa akan menyerahkan surat pengusulan pengangkatan melalui DPR kepada Menteri Dalam Negeri dan diterima langsung oleh Ketua DPRD Gowa untuk dilakukan pelantikan,” katanya.

Pasangan AdnanKio pada pelaksanaan Pilkada Gowa 2020 lalu mampu meraih suara terbanyak setelah penghitungan surat suara yang dilakukan KPU.

Suara yang diraih AdnanKio sebanyak 337.463 suara atau 91, 22 persen. Sementara kotak kosong yang menjadi lawan AdnanKio, memperoleh suara sebanyak 36.325 atau 8,78 persen.

Penetapan paslon ini dihadiri oleh pasangan Bupati Gowa terpilih. Turut juga hadir Tim Pemenangan AdnanKio, Bawaslu, dan unsur-unsur forkopimda kabupaten Gowa. (Hen/Sid)