Beranda Bulukumba AKP Bayu Wicaksono; Dua Kali Gagal Daftar Akpol, Kini Kasatreskrim Polres...

AKP Bayu Wicaksono; Dua Kali Gagal Daftar Akpol, Kini Kasatreskrim Polres Bulukumba

•  Penulis : | Selasa, 23 Februari 2021, 6:24 WITA

AKP Bayu Wicaksono

BULUKUMBA, RADAR SELATAN — AKP Bayu Wicaksono Febrianto, baru merayakan ulang tahunnya yang ke 34 pada 2 Februari 2021. Di usia yang masih terbilang muda Bayu telah menduduki Kepala Satuan (Kasat) Reserse Kriminal (Reskrim) Polres Bulukumba. Pencapaiannya hingga hari ini, menurut Bayu, bukanlah perkara mudah untuk didapatkan. Pria yang lahir di Jakarta pada 1987 ini merupakan lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) pada 2009. Tetapi ia harus mendaftar hingga tiga kali baru bisa lulus di Akpol. Bayu menceritakan, dua kali dirinya tidak lulus, tapi dia tidak patah semangat. Mendaftar ketiga kalinya ia baru dinyatakan lulus dan berhasil masuk Akpol.

“Kalau memang ada cita-cita maka jangan pernah patah semangat untuk mengejarnya,” kata Bayu, saat berbincang-bincang dengan RADAR SELATAN di ruang kerjanya Kantor Mapolres Bulukumba, Jumat, 19 Februari 2021.

Sejak kecil Bayu memang bercita-cita menjadi Polisi. Menurutnya cita-citanya tersebut terbentuk dari lingkungan dan juga atas kekagumannya terhadap ayahnya sendiri yang juga merupakan anggota Polri.

Anak sulung dari tiga bersaudara ini menceritakan, ia melewati masa kecilnya dengan berpindah-pindah. Dari satu kota ke kota lainnya. Tergantung di mana ayahnya di tugaskan. “Sebenarnya ayah orang Jawa Timur sedangkan ibu orang Jawa Barat, tapi saya lahir di Jakarta, dan daftar Polisi di Bali,” ungkapnya.

Karena sejak kecil ia selalu berpindah tempat tinggal, pribadi Bayu terbentuk sebagai pribadi yang gampang beradaptasi pada lingkungan yang baru didapatkannya. Selain itu ia juga cepat akrab dengan orang-orang yang baru ditemuinya.

Setelah lulus dari Akpol ia mengawali kariernya sebagai seorang anggota Polisi di Polda Sumatera Barat. Baru sekitar dua tahun di sana, Bayu dipertemukan dengan jodohnya. Pada 2012 ia menikah dengan salah perempuan lulusan Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Baiturrahman. Hingga kini, ia telah dikaruniai dua putra.

Bayu bertugas di Sumatera sampai pada 2016, kemudian setelah itu ia kembali menyelesaikan studi S1 di Pendidikan Tinggi Kepolisian (PTK) selama dua tahun, dan setelah selesai, ia ditugaskan ke Polda Sulawesi Selatan pada 2018.

AKP Bayu Wicaksono pernah menjabat sebagai Kasat Reskrim Polres Takalar kurang lebih selama 8 bulan, kemudian menjabat sebagai Dirlantas Polda Sulawesi Selatan, dan pada akhir tahun 2020 hingga kini ia menjabat sebagai Kasat Reskrim Polres Bulukumba.

“Di Bulukumba itu merupakan daerah pariwisata jadi di sini saya lebih tenang dan lebih tentram saya suka bertugas di sini,” kata Bayu menyampaikan kesannya bertugas di Kabupaten Bulukumba.

Bulukumba bukan daerah yang asing bagi pria penghobi olahraga off-road tersebut. Sebelum ia menjabat sebagai Kasat Reskrim Polres Bulukumba, jabatannya itu dijabat oleh suami dari adiknya sendiri.

“Jadi walaupun Pak Berry Juana Putra (Kasat Reskrim Polres Bulukumba sebelumnya) itu lebih senior dari saya, tapi secara kekeluargaan dia adik saya, karena dia kan adik dari istri saya,” ujarnya.

Atas apa yang telah dibangun oleh adik iparnya sebelumnya, baik itu relasi mapupun capaian, ia berharap tugasnya sebagai Kasat Reskrim Polres Bulukumba dapat dijalankan dengan lebih maksimal.***

========

4 Lampiran