Beranda Bulukumba Pasar Sentral Nyaris Terbakar karena Instalasi Listriknya Sudah Tak Layak

Pasar Sentral Nyaris Terbakar karena Instalasi Listriknya Sudah Tak Layak

•  Penulis : | Senin, 22 Maret 2021, 3:11 WITA

Wakil Bupati Bulukumba, Andi Edy Manaf meninjau langsung sumber percikan api yang sebabkan korsleting listrik di salah satu kios pedagang.

BULUKUMBA, RADAR SELATAN — Pasar Sentral Bulukumba dilaporkan nyaris terbakar, Sabtu, 20 Maret 2021. Percikan api sempat muncul akibat hubungan arus pendek listrik (korsleting) di salah satu kios pedagang.

Akibat insiden itu, beberapa pedagang yang dekat dengan lokasi percikan api berjibaku mengamankan barang dadangan di kiosnya. Akibatnya, aktifitas di pasar sempat terhenti.

Saat ditemui di lokasi, Jamil salah satu pedagang mengaku awal percikan api diakibatkan korsleting listrik. “Di kios tetangga kabelnya korslet, akhirnya muncul percikan api,” bebernya.

Kadis Perdagangan dan Perindustrian (Disdagprin) Kabupaten Bulukumba, Munthasir Nawir mengaku, korsleting listrik terjadi karena kabel sudah tua dan tidak layak pakai.

“Kabelnya sudah tua dan tidak layak, itu kuat dugaan penyebab terjadinya korsleting,” ungkap pria yang akrab disapa Acil tersebut, saat dikonfirmasi, Minggu, 21 Maret 2021.

Akibat kejadian itu, Acil berencana akan mengusulkan renovasi atau peremajaan pasar sekaligus pembaharuan instalasi listrik. Tujuannya untuk memberi kenyamanan para pedagang dan pengunjung.

Sementara itu, Wakil Bupati Bulukumba, Andi Edy Manaf yang mendapat informasi tersebut langsung terjun ke lokasi. Di dampingi tim BPBD, wabup berupaya menenangkan pedagang.

“Semua tenang, silakan kembali ke kios masing-masing, semua sudah ditangani oleh pihak Damkar (Pemadam Kebakaran),” imbaunya singkat.

Sebanyak 3 unit armada Damkar diterjunkan ke lokasi untuk mengantisipasi kebakaran. Pihak PLN pun langsung melakukan perbaikan jaringan listrik yang diduga korslet. ***