Beranda Bulukumba Ternak Masih Berkeliaran, Pemilik akan Kena Denda Rp 1 Juta

Ternak Masih Berkeliaran, Pemilik akan Kena Denda Rp 1 Juta

•  Penulis : | Sabtu, 20 Maret 2021, 14:57 WITA

Munir, Kasi Penegakan Perda Satpol PP Bulukumba memberikan pemahaman kepada pemilik ternak yang masih membiarkan ternaknya berkeliaran di wilayah kota Bulukumba.

BULUKUMBA, RADAR SELATAN — Sanksi tegas bakal menanti pemilik ternak yang membiarkan ternaknya berkeliaran di dalam kota Bulukumba. Tak tanggung-tanggung denda uang sebesar Rp1 juta akan diberikan bagi pemilik ternak yang membandel.

Seperti diketahui akhir akhir ini, polisi Pamong Praja (Satpol PP) Bulukumba, kembali gencar melakukan patroli ternak yang berkeliaran di dalam kota. Pasalnya, selain merusak taman dan keindahan kota, juga membahayakan dan meresahkan pengguna jalan.
Kepala Seksi Penegakan Peraturan Daerah Satpol PP Bulukumba, Munir, menjelaskan, pihaknya kini telah turun tangan. Untuk langkah awal, Munir mengaku telah memberikan sanksi berupa teguran kepada pemilik ternak. Namun, jika di kemudian hari ternaknya masih berkeliaran, maka sanksi berupa denda bakal menanti.
“Ini sesuai dengan amanat Perda Nomor 13 tahun 2013, tentang pemeliharaan dan penertiban ternak,” kata Munir kepada RADAR SELATAN, baru-baru ini.
Jika ditemukan berkeliaran, pemilik ternak kambing bakal didenda sebesar Rp500 ribu, sementara untuk ternak sapi dendanya sebesar Rp1 juta.

Pembayaran denda tersebut, lanjut Munir, langsung masuk ke kas daerah. “Pembayarannya itu langsung masuk ke kas daerah, (dibayarkan) melalui Bank BPD (Bank Sulselbar),” jelas Munir. ***