Beranda Bulukumba Kades Antar Langsung Warga Bersalin ke Puskesmas

Kades Antar Langsung Warga Bersalin ke Puskesmas

•  Penulis : | Kamis, 8 April 2021, 14:15 WITA

Kepala Desa Palioi, Syarifuddin (kiri) saat menjemput warganya yang akan bersalin, Rabu, 7 April 2021.

KINDANG, RADAR SELATAN — Kepala Desa Benteng Palioi, Kecamatan Kindang, Syarifuddin terjun langsung mengantarkan warganya yang hendak melahirkan ke sarana kesehatan, Rabu, 7 April 2021. Tindakan tersebut sudah menjadi salah satu rutinitasnya sebelum menjabat kepala desa.

Rabu, 7 April 2021, kata Syarif, ada dua ibu hamil yang ia jemput untuk diantar ke puskesmas. Mobil ambulans desa pun dimanfaatkan semaksimal mungkin. “Memang saya berkomitmen agar semua warga Desa Benteng Palioi yang hamil bisa bersalin di sarana kesehatan. Dan ini juga upaya untuk menekan angka resiko persalinan yang tidak jarang menelan korban jiwa,” terangnya.

Menurutnya, sebagai Kades Benteng Palioi, intens berkoordinasi dengan bidan dan menanyakan data ibu hamil yang ada di desa sangatlah penting.

“Data yang ada di setiap dusun dan tanggal berapa taksiran persalinan ini upaya untuk mencegah adanya ibu bersalin di rumah,” paparnya.

Selain itu, tambahnya, upaya preventif dengan pendekatan sosialisasi melalui kegiatan kelas ibu hamil juga digelar setiap tanggal 13 bulan berjalan. “Suami istri kita panggil supaya tidak ada lagi keluarga atau suami ambil tindakan terlalu lama karena mereka sudah paham pentingnya mendapatkan layanan kesehatan terutama bagi ibu hamil,” kata Syarif.***