Beranda Bulukumba Direktur RSUD Bulukumba Berbagi Tips Sehat Selama Ramadan

Direktur RSUD Bulukumba Berbagi Tips Sehat Selama Ramadan

Minggu, 18 April 2021, 22:43 WITA

Dr Rizal Ridwan, Direktur RSUD Sultan Dg Radja Bulukumba

BULUKUMBA, RADAR SELATAN — Dr H. Rizal Ridwan SPOG, M.Kes, Direktur RSUD Sultan Dg Radja Kabupaten Bulukumba, berbagi tips agar tetap sehat dan bugar selama berpuasa di bulan suci ramadan. Menurut dr Rizal, semua kebiasaan selama hampir satu tahun akan berubah selama sebulan penuh kita menjalani kewajiban puasa Ramadan. Mulai dari berhentinya kebiasaan minum kopi atau teh di pagi hari dan makan siang.

Untuk itu, penting bagi setiap orang yang berpuasa, kata dr Rizal untuk memperhatikan apa saja yang ideal dikonsumsi agar tubuh tetap fit dan bugar. “Agar tubuh terbiasa dengan rutinitas baru yakni berpuasa, sebaiknya kita melakukan hal-hal sederhana seperti menghindari konsumsi makanan yang banyak mengandung MSG saat sahur,” ujar dr Rizal. Cara ini tambahnya, bisa mengatasi masalah tenggorokan kering apalagi di masa pandemi seperti sekarang.
Dr Rizal juga berbagi tips yakni saat berbuka puasa ia selalu awali dengan menu berbuka yang manis-manis. Kenapa harus yang manis? Karena kata dr Rizal selama berpuasa kurang lebih 13 jam, tubuh tidak mendapatkan asupan cairan dan sari makanan. Hal tersebut mengakibatkan kadar gula dalam darah menurun. Oleh karena itu, makanan dan minuman yang manis dianjurkan untuk menyeimbangkan kembali kadar insulin.
Hal yang juga rutin dikonsumsi dr Rizal adalah vitamin. “Saya selalu konsumsi vitamin C. Biasanya saya minum vitamin saat sahur,” tandasnya. Selama bulan Ramadan, ia juga menyarankan agar kita tidak melewatkan waktu sahur. ***