Beranda Hot News Berumur Puluhan Tahun, Tembakau Soppeng Dipamerkan di Kota Makassar

Berumur Puluhan Tahun, Tembakau Soppeng Dipamerkan di Kota Makassar

Minggu, 4 April 2021, 11:40 WITA

MAKASSAR, RADAR SELATAN – Komunitas Pecinta Tembakau Sulawesi Selatan menggelar “Pameran Tembakau Khas Sulawesi Selatan” di Kota Makassar, Sabtu 03 April 2021.

Pameran pertama yang berlangsung di Jalan Mallengkeri ini memamerkan berbagai tembakau khas Sulawesi Selatan. Diantaranya tembakau Soppeng yang dipanen pada tahun 1984, 1994 dan 2002. Selain tembakau, peralatan pendukung seperti Akkattaneng, Pallelu, Pabbuttu dan Timpo juga ditampilkan.

Ketua panitia, Ekky mengatakan, kegiatan ini adalah langkah awal untuk mengembalikan kejayaan tembakau Sulawesi selatan yang mulai dilupakan. “Ini adalah kegiatan edukasi dan sekaligus kampanye kepada generasi milenial bahwa tembakau Sulawesi Selatan bisa bersaing,” kata Ekky.

KONTRAK DGN GOOGLE
Tidak lupa, ia juga mengajak para orang tua dan petani agar terus memproduksi tembakau terbaik yang diolah secara tradisional. “Teman-teman komunitas sudah berkunjung ke beberapa daerah penghasil tembakau. Di sana kita belajar dan sharing soal perkembangan tembakau,” ujarnya. Dalam kegiatan ini, pengrajin tembakau dan utusan pemda dari berbagai daerah juga ikut meramaikan.

“Ada dari Disperindag Kabupaten Sinjai, pengrajin tembakau dari Soppeng, dan komunitas lintas kampus di Kota Makassar juga datang,” tambah Ekky.

Ia berharap, dengan adanya kegiatan ini, para petani, pengrajin dan yang menjalankan bisnis tembakau bisa mendapat perhatian lebih dari pemerintah. “Pemerintah adalah harapan dari teman-teman agar tembakau Sulsel bisa menasional,” tutupnya. (yuda)