Beranda Bulukumba Perserikatan BUMDes Bulukumba Terbentuk

Perserikatan BUMDes Bulukumba Terbentuk

Kamis, 8 April 2021, 19:20 WITA

BULUKUMBA, RADAR SELATAN — Pengurus Perserikatan BUMDes Indonesia (PBI) Cabang Kabupaten Bulukumba resmi terbentuk, Kamis 8 April 2021. Pembentukan berlangsung pada rapat monitoring evaluasi dan pembinaan BUMDes yang dilaksanakan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Bulukumba di aula kantor setempat.

Pengurus yang dipilih merupakan perwakilan pengurus BUMDes di sembilan kecamatan. Selanjutnya, kepengurusan akan dilengkapi dengan mengisi struktur yang ada.

Ketua PBI Provinsi Sulsel, Khaerul Anwar mengatakan, pembentukan PBI di kabupaten menjadi wadah bagi pengurus BUMDes untuk mengembangkan kemampuan manajerial dan organisasi. Hal ini sangat perlu mengingat keberadaan BUMDes saat ini menjadi tulang punggung penggerak ekonomi di desa.

“Bulukumba adalah kabupaten pertama yang membentuk pengurus PBI secara resmi. Selanjutnya kalau strukturnya sudah dilengkapi, baru kita lantik secara resmi,” terangnya.

Sementara itu, Kabid Pemberdayaan Usaha Ekonomi Masyarakat Desa DPMD Bulukumba, Alwi Hasan mengatakan, secara keseluruhan BUMDes di Kabupaten Bulukumba sudah menunjukkan kemajuan. Meski belum begitu signifikan, namun perkembangannya sudah semakin baik.

“Sisa perlu pendampingan dalam hal pengembangan usaha dan peningkatan SDM (Sumber Daya Manusia) pengurusnya. Kami terus akan melakukan monitoring dan evaluasi bersama pendamping desa agar dana yang digelontorkan pemerintah untuk peningkatan ekonomi desa melalui BUMDes lebih efektif dan berdayaguna untuk masyarakat,” kuncinya.

Sekadar diketahui, dalam pembentukan pengurus cabang PBI Bulukumba, pengurus BUMDes dari sejumlah desa menyepakati Musliyadi sebagai ketua umum. Musliyadi merupakan ketua BUMDes Balong, Kecamatan Ujungloe. (man)