Beranda Bulukumba Kisah Andy Roy, Keluar dari Krisis di Masa Pandemi; Sulap...

Kisah Andy Roy, Keluar dari Krisis di Masa Pandemi; Sulap Warung Kopi Jadi Bisnis Laundry Karpet

Minggu, 2 Mei 2021, 14:53 WITA

Andy Roy mengawasi proses pengeringan karpet yang dilakukan salah seorang karyawannya.

BULUKUMBA, RADAR SELATAN — Selalu ada jalan bagi mereka yang mau berusaha. Pepatah ini tepat dialamatkan kepada Andy Roy, pengusaha muda di Bulukumba yang mampu bangkit setelah hantaman pandemi Covid-19.

Andy Roy (30), termasuk satu dari sekian banyak pengusaha di Bulukumba yang harus memutar otak agar bisnisnya bisa tetap hidup.

Usaha Warung Kopi dengan Brand Andy Roy yang dibangunnya sejak beberapa tahun terakhir terdampak pandemi Covid-19. “Sudah sejak 2020 saya merasakan betul bagaimana susahnya menaikkan omzet. Bertahan saja sudah syukur,” kata Andy saat berbincang dengan RADAR SELATAN, Sabtu 1 Mei 2021.

Selama pandemi Covid-19 Andy melakukan langkah-langkah efisiensi. Karyawan dikurangi. Jam operasional warkop juga dibatasi.

Setahun berjalan ia berhasil bertahan dengan situasi serba terbatas. Di lain pihak ia mulai memikirkan jenis usaha baru. Andy beruntung mendapat support dari keluarga terutama ayahnya, H. Roy yang juga dikenal sebagai pengusaha sukses di Bulukumba.

Dari hasil diskusi dengan keluarga, ia memutuskan membuka usaha baru di bidang jasa. Yakni laundry karpet.

Sudah sebulan ini usaha Laundry Karpet Bulukumba yang didirikannya berjalan. Lokasinya di tempat yang sama di Warung Kopi Bang Andy miliknya. Area belakang warkop disulap jadi tempat cuci karpet dan pengeringan.

“Alhamdulillah karena kami yang pertama membuka jasa ini, respon masyarakat sangat baik. Setiap hari selalu ada warga yang memakai jasa kami,” ujar Andy.

Laundry Karpet Bulukumba hadir dengan menggunakan teknologi terbaru. Mesin pengeringnya khusus didatangkan dari Jakarta. Jasa laundry karpet dengan teknologi dari Eropa ini diklaim Andy sebagai yang pertama di Selatan Sulsel.

Selain karpet rumah tangga, ia juga melayani pencucian karpet kantor, karpet Malaysia, karpet masjid, bed cover, sofa, spring bed, jok mobil dan sterilisasi ruangan.

“Kami gunakan teknologi dan mesin terbaru yang biasa digunakan perusahaan laundry di luar negeri,” kata Andy.

Untuk menggaet pelanggan, ia memberikan layanan kilat 1×24 jam dan antar jemput untuk semua pelanggan. “Semua layanan gratis antar jemput. Hubungi saja 085395867000,” kata Andy yang sudah mempekerjakan 2 orang untuk jasa laundrynya.

Pelanggannya terus bertambah. Banyak yang merasa terbantu karena selama ini di Bulukumba tidak ada jasa cuci karpet. “Saya sudah jadi langganan tetap sejak laundry karpet ini buka. Bagus sekali. Semua karpet menjadi bersih dan wangi,” ujar Isni.

Menurut Andy untuk parfum yang digunakan saat ini, ia memilih jenis parfum grade A yang memang berkualitas.

Selama Ramadan, Laundry Karpet Bulukumba juga memberikan harga khusus Rp 15 ribu per meter dan harga spesial untuk karpet masjid. ***