Beranda Bulukumba Diskes Bulukumba Kaji Banding STBM Award di Pinrang

Diskes Bulukumba Kaji Banding STBM Award di Pinrang

•  Penulis : | Senin, 14 Juni 2021, 14:22 WITA
KAJI BANDING. Suasana kaji banding yang dilakukan oleh Diskes Bulukumba di Kabupaten Pinrang, akhir pekan kemarin.

BULUKUMBA, RADAR SELATAN — Dinas Kesehatan (Diskes) Kabupaten Bulukumba, melakukan Study banding Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) Award di Dinas Kesehatan Kabupaten Pinrang, pada pekan kemarin.

Dalam study banding tersebut, rombongan Diskes Bulukumba diterima oleh Sekretaris Dinkes dr. H. Ramli Yunus didampingi Kabid Kesmas, Kasi Kesling dan Kesjaor, Kapus Batulappa dan staf Kesling dan Kesjaor serta Faskab STBM Kabupaten Pinrang, diruang sekertaris Diskes Pinrang, yang dilanjutkan dengan presentasi pelaksanaan STBMdi Kabupaten Pinrang oleh Kabidkesmas Diskes Pinrang dr. Amtsyir Muhadi, A. Adm.Kes.

Dalam sambutannya, dr. H. Ramli Yunus menyampaikan selamat datang di Bumi Lasinrang dan terima kasih telah memilih Kabupaten Pinrang sebagai tempat Studi Tiru. Ia juga memaparkan bahwa untuk penguatan capaian sanitasi total lima Pilar yakni stop buang air besar sembarang tempat, CTPS menggunakan air mengalir, pengelolaan air minum dan makanan, pengelolaan sampah dan pengelolaan limbah cair pada rumah tangga.

“Sekedar kami sampaikan juga di tahun 2021 ini dikembangkan inovasi “E-SI PENARI TAMPAN” (Sistem Informasi Penilaian Mandiri Higiene Sanitasi Tempat Pengelolaan Pangan). Kami berharap melalui kunjungan, ini memberikan yang terbaik untuk Kabupaten Bulukumba,”ujarnya.

Sementara itu, Ketua Rombongan Diskes Bulukumba, yang juga Sekertaris Diskes Bulukumba, Drs.Aprisal menyampaikan mengapa Kabupaten Pinrang dipilih sebagai lokasi study banding STBM Award hal tersebut dengan beberapa pertimbangan yaitu, Kabupaten Pinrang melahirkan banyak inovasi untuk akselerasi capaian ODF 100 persen (Gertak Sayang Jk, Gerbang Sejaga).

“Selain itu, Kabupaten Pirang telah meraih penghargaan Kabupaten terbaik pertama STBM berkelanjutan kategori Penciptaan Lingkungan Kondusif (Enabling Environment). Jadi tidak salah tempat melakukan studi tiru karena Pinrang merupakan kabupaten di Indonesia yang dua tahun berturut turut dapat penghargaan tingkat Nasional diprogram STBM,”tuturnya.

Sekedar disampaikan Ketua Rombongan Kaji Banding STBM Award dari Kabupaten Bulukumba adalah Sekretaris Dinkes Bulukumba yang ditemani oleh sejumlah pejabat struktural Diskes Kabupaten Bulukumba, anggota FKS dan sanitariannya serta Tim Teknis STBM Diskes Anjas Marhadi.

Diakhir sesi dilakukan pemaparan Best Practice STBM Kabupaten Pinrang serta kiat kiat dalam pemenuhan indikator instrumen penilaian STBM oleh Kabid Kesmas yang meliputi tiga komponen yaitu E (Enabling Environment), D (DemandCreation) dan S (Supply Environment). Kaji banding ini dilakukan kunjungan lapangan di Desa Patobong yang telah menerapkan desa STBM, Pokja Desa Sehatnya dan terakhir di Sekretariat Forum Kabupaten Sehat Kabupaten Pinrang.(*)