Beranda Bulukumba Susuri Pantai di Pesisir Bintarore, Menko PMK Kaget Lihat Tumpukan Sampah

Susuri Pantai di Pesisir Bintarore, Menko PMK Kaget Lihat Tumpukan Sampah

•  Penulis : | Jumat, 11 Juni 2021, 6:07 WITA

Prof Dr Muhadjir Effendy, M.A.P. (Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Indonesia) saat berkunjung di pesisir pantai yang dipenuhi sampah, di sekitar kota Kabupaten Bulukumba, Kamis, 10 Juni 2021.

 

BULUKUMBA, RADAR SELATAN — Menteri Koordinator Bidan Pembagunan Manusia dan Kebudayaan Indonesia (Menko PMK), Muhadjir Effendy, berkunjung ke Kabupaten Bulukumba. Ini adalah kali pertama ia hadir di Butta Panrita Lopi.

Muhadjir Effendy berkunjung ke Bulukumba dalam rangka menghadiri acara wisuda sarjana angkatan ke-dua Universitas Muhammadiyah Bulukumba (UMB) yang berlangsung di Auditorium Kampus II UMB, Kamis, 10 Juni 2021.

Dalam kunjungan perdana Menko PMK ini di Butta Panrita Lopi, Menko disambut dengan kesan yang sedikit buruk. Bagaimana tidak sebelum datang ke gedung tempat berlangsungnya acara, Muhadjir sempat berjalan-jalan ke wilayah pesisir pantai di Kelurahan Bintarore, Kecamatan Ujungbulu Kabupaten Bulukumba. Di sana ia bersama rombongan kaget mendapati pantai yang dipenuhi dengan sampah yang berserakan.

Kekhawatirannya terhadap kondisi pantai di Bulukumba yang dipenuhi sampah itu disampaikan saat menyampaikan orasi ilmiahnya di depan wisudawan, wisudawati, serta tamu undangan yang hadir termasuk Wakil Bupati Bulukumba, Andi Edy Manaf.

“Tadi saya sempat jalan-jalan ke pinggir pantai, saya tergerak dengan sampah-sampah yang ada di pantai yang sangat mengkhawatirkan,” ungkapnya di atas mimbar saat menyampaikan orasi ilmiah.

Muhajir Effendy mengajak para alumni-alumni dari UMB untuk membantu pemerintah dalam menangani persolan yang ada di Kabupaten Bulukumba khususnya persoalan sampah di pantai.

Saat ditemui sesaat setelah acara pembukaan wisuda sarjana berakhir, Muhajir kembali menyampaikan persoalan kondisi pantai yang ia temui di Kabupaten Bulukumba. Ia meminta pemerintah setempat dalam hal ini Bupati dan Wakil Bupati Bulukumba untuk menyelesaikan persoalan sampah.

“Bulukumba kotanya asyik bagus tempatnya dekat pinggir pantai, dan itu salah satu kesenangan saya kalau pagi lari-lari di pantai, cuman saya minta nanti pak bupati pak Wabup (Wakil Bupati, red) untuk dijadikan daerah yang lebih permai termasuk sampah-sampahnya. Kapan diadakan kerja bakti membersihkan sampah di pantai,  nanti saya ta (akan) datang lagi di sini,” pinta mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tersebut. ***