Beranda Bulukumba Rp 40 Juta Gaji Bupati dan Sumbangan Pribadi untuk Guru Ngaji

Rp 40 Juta Gaji Bupati dan Sumbangan Pribadi untuk Guru Ngaji

Kamis, 22 Juli 2021, 6:25 WITA

Bupati Bulukumba saat menyerahkan gaji dan sumbangan pribadi untuk membiayai guru mengaji dan imam masjid, Rabu 21 Juli 2021.

BULUKUMBA, RADAR SELATAN — Momen Idul Adha tidak dilewatkan begitu saja oleh Bupati Bulukumba Muchtar Ali Yusuf. Sehari setelah lebaran Hari Raya Idul Adha, Muchtar Ali Yusuf menyerahkan secara langsung gaji dan tunjangan jabatan bupatinya kepada 137  guru mengaji dan 63 imam masjid se-Kecamatan Ujung Bulu, di Masjid Islamic Center Dato Tiro, Rabu 21 Juli 2021.

Setiap guru mengaji dan imam masjid mendapatkan Rp200 ribu. Sehingga selain gaji dan tunjangannya, Andi Utta memberikan sedekah pribadinya untuk memenuhi jumlah penerima tersebut pada momentum Idul Adha ini. Totalnya sebanyak Rp 40 juta.

Penyerahan gaji dan tunjangan bupati ini merupakan janji Andi Muchtar Ali saat kampanye Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2020 yang lalu. Dalam janjinya, jika terpilih sebagai Bupati Bulukumba, maka gaji dan tunjangannya sebagai bupati akan diserahkan kepada guru mengaji.

“Jumlah yang diterima para guru mengaji dan imam masjid tidak seberapa, namun paling tidak, dapat meringankan beban para guru mengaji dan imam masjid, apalagi dalam situasi dan kondisi saat ini yang serba sulit akibat wabah Covid-1,” ujar Andi Utta sapaan akrab Muchtar Ali Yusuf.

“Bukan hanya mewakafkan gaji dan tunjangan, tapi saya juga akan mewakafkan pikiran dan kerja- kerja saya untuk Bulukumba yang lebih baik,” tegasnya.

Secara khusus, bupati berlatar belakang pengusaha ini meminta kepada para imam masjid untuk mendoakan warga Bulukumba secara keseluruhan agar terhindar dari wabah Covid-19.

“Tugas kita, mari doakan agar masyarakat bisa terhindar dari Covid-19,” kata pemilik Amaly Group  yang saat menyerahkan bantuan didampingi oleh Wakil Bupati Andi Edy Manaf.

Ia juga mengimbau kepada imam masjid, jika ada jamaahnya kurang sehat agar diminta untuk sementara tidak datang ke masjid. Saat ini, tambahnya kita tidak tahu siapa yang membawa virus. Namun, kita hanya berusaha menjaga imun dan stamina agar terhindar dari Covid-19.

Lebih lanjut, Andi Utta mengungkapkan dalam penanggulangan Covid-19, anggaran pembangunan terkuras untuk dialihkan pada penanganan Covid-19.

Sementara itu Camat Ujungbulu, Andi Ashadi Oentoeng menyampaikan terima kasih atas perhatian Bupati Bulukumba kepada para guru mengaji dan imam masjid yang ada di wilayah Kecamatan Ujungbulu.

Jumlah penerima bantuan tersebut yang sementara terdaftar. Masih ada yang belum masuk didaftar.

“Terima kasih kepada pak Bupati, atas pemberian sebagian rezekinya kepada imam masjid dan guru mengaji di Ujungbulu, semoga bapak Bupati dan Wakil Bupati senantiasa sehat dalam memimpin Kabupaten Bulukumba,” bebernya.

Sekedar diketahui gaji pokok Bupati Bulukumba sebesar Rp2.100.000 dan Tunjangan Jabatan sebesar Rp3.780.000. Sehingga total yang diterima setiap bulannya tambah tunjangan beras sebesar Rp5.725.700.

Andi Utta sebelum menjadi Bupati Bulukumba adalah seorang pengusaha sukses dan sebagai CEO dari Perusahan Amaly Grup. Andi Utta memulai usahanya sebagai pedagang ikan sekitar 30 tahun yang lalu.***