Beranda Bulukumba Legislator Minta Bupati Sanksi Tegas ASN Malas 

Legislator Minta Bupati Sanksi Tegas ASN Malas 

•  Penulis : | Kamis, 29 Juli 2021, 9:58 WITA

Zulkifli Sayye

BULUKUMBA, RADAR SELATAN — Anggota DPRD Bulukumba, Zulkifli Sayye meminta Bupati Bulukumba, Andi Muchtar Ali Yusuf menindak tegas oknum ASN yang tidak disiplin. Hal itu terbukti dari hasil inspeksi Wakil Bupati, Andi Edy Manaf yang menemukan beberapa ASN tidak berada di ruang kerjanya bahkan tidak hadir.

“Ada undang-undang yang mengatur tentang ASN, kalau tidak menjalankan tugas tanpa alasan jelas harus ada sanksi tegas,” kata politikus PDIP itu, Rabu, 28 Juli 2021.

Menurut Zulkifli, jika tidak ada tindakan tegas, ASN akan seenaknya bekerja. Padahal mereka adalah aparatur yang digaji oleh rakyat untuk melayani masyarakat.

“Makanya jangan sia-siakan uang rakyat, kalau tidak diberi sanksi, rakyat akan marah,” tegasnya.

Legislator yang akrab disapa Bang Poltak ini juga menyoroti sistem absensi yang menurutnya masih sangat konvensional. Ia mendorong pemkab menerapkan absensi berbasis teknologi yang terintegrasi dalam satu aplikasi.

“Sehingga kehadiran ASN bisa dipantau langsung oleh bupati dan wakil bupati,” pintanya.

Sebelumnya, Wabup, Andi Edy Manaf  kecewa  saat melakukan inspeksi mendadak di sejumlah bagian di kantor bupati. Raut wajahnya seketika memerah saat menyaksikan langsung kondisi ruang kerja sepi dari aparatur.

Kehadiran wabup secara tiba-tiba membuat sejumlah pegawai kelabakan. Bahkan beberapa di antaranya tampak gugup menjawab pertanyaan wabup terkait ketidakhadiran rekan-rekannya.

Wabup kemudian memerintahkan Sekretaris Daerah Kabupaten Bulukumba, Misbawati A. Wawo menindaklanjuti hasil sidak tersebut. Wabup meminta segera dilakukan  evaluasi terhadap ASN yang ditemukan bolos di saat jam kerja. ***