Beranda Bulukumba MASATA Siap Kawal Pengembangan Desa Wisata

MASATA Siap Kawal Pengembangan Desa Wisata

•  Penulis : | Senin, 2 Agustus 2021, 6:47 WITA

Dr Hatta Alwi Hamu, Ketua Masata Sulsel mengukuhkan pengurus Masata Bulukumba yang diketuai H. Safiuddin. 

BULUKUMBA, RADAR SELATAN — Pengurus Masyarakat Sadar Wisata (Masata) Kabupaten Bulukumba resmi terbentuk. Pengurus yang dinahkodai, H. Safiuddin yang tak lain Anggota DPRD Bulukumba, itu telah di kukuhkan oleh Ketua Masata Provinsi Sulsel, Dr HM Hatta Alwi Hamu, Sabtu 31 Juli 2021.

Kepengurusan Masata Bulukumba dikukuhkan sekaligus Rapat Kerja yang berlangsung di tempat wisata Bulupadido yang terletak di Desa Tamatto, Kecamatan Ujungloe, Sabtu malam.

H. Safiuddin mengatakan, salah satu rencana aksi Masata adalah akan memfasilitasi dan mendampingi desa-desa untuk menumbuhkembangkan potensi wisata yang ada di Bulukumba.

“Pada intinya Masata akan hadir untuk menggaungkan dan mengajak masyarakat untuk sadar wisata, menjaga objek wisata, menjadi masyarakat wisata,” katanya.

Bulukumba adalah daerah dengan beragam destinasi wisata yang bagus. Ini kata Safiuddin harus diimbangi dengan sumber daya manusia yakni masyarakat yang ikut bersama-sama membangun kepariwisataan di Bulukumba.

“Banyak desa di Bulukumba yang memiliki spot wisata. Ini yang akan kita support dan kawal untuk menjadi desa wisata. Jika tempat wisata banyak dan ada di desa maka peluang untuk mendapatkan PAD dan menggerakkan ekonomi kerakyatan semakin bagus,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Desa Tamatto, Andi Arsul Sani, yang juga wakil Ketua Masata, mengungkapkan, dipilihnya Bulu Padido sebagai lokasi pengukuhan karena Desa Tamatto sendiri adalah desa wisata. Selain itu karena pandemi sehingga pengukuhan harus dilakukan di ruang terbuka.

“Di kepengurusan Masata ada 10 kades yang masuk pengurus, khususnya kades yang desanya ada potensi wisata di dalamnya, ” katanya.

Tentu dengan harirnya Masata akan menjadi lokomotif untuk bertumbuhnya wisata desa di Bulukumba.

“Kita akan berkolaborasi dengan Dinas Pariwisata, akan membuat kelompok kerja masyarakat sadar wisata. Kampanye ini akan terus kita gaungkan. Partisipasi masyarakat sangat penting untuk bertumbuhnya suatu daerah,” katanya.

Sementara itu, Ketua Masata Sulsel, Hatta Alwi Hamu, berharap dengan terbentuknya kepengurusan Masata Bulukumba, bisa menjadi lembaga yang membantu pemerintah dalam memgembangkan wisata yang ada di desa. “Kita di Provinsi akan mengawal dan membantu perencanaan, perintisan dan pengembangan wisata di Sulsel terkhusus desa wisata,” katanya. ***